Wednesday, June 20, 2012

Cara Menggunakan Stamp Tool di Photoshop

Clone Stamp Tool digunakan untuk membuat duplicated area pada gambar atau yang disebut cloning,cara nya dengan menekan tombol ALT pada objek yang akan di cloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat object yang baru mau diletakkan.

Banyak cara orang untuk edit-menghilangkan pimples (jerawat atau tanda bekas jerawat) dan bercak-bercak kulit yang gelap atau tahi lalat di muka dan lain-lain nya dengan menggunakan beberapa tool Photoshop yang berbeda, ada yang suka menggunakan Healing brush, Spot healing brush Tool dan beberapa tool yang lain .

Disini saya akan memberi contoh menggunakan clone stamp tool untuk membersih kan atau menghilangkan jerawat kecil atau bintik-bintik dan bercak hitam pada wajah.


Pertama untuk di ingat sebelum kamu memulai meng cloning dari setiap bagian warna kulit muka di foto kita itu berbeda perbedaan bisa karna effect dari foto itu sendiri atau karna memang warna kulit yang berbeda yang pasti nya setiap inch pasti ada sedikit perbedaan warna nya.
Jadi untuk di INGAT untuk meng cloning buat membersih kan tanda bekas jerawat atau tanda-tanda lain seperti tai lalat atau tompel, tidak menggambil contoh cloning atau men-duplicated kulit bagian yang terlalu jauh dari pada bagian yang akan kita cloning

Seperti contoh disini saya ingin menghilang kan bekas jerawat di sekitar dagu , kemudian menggambil contoh kulit yang di sekitar pipi atau jidat atau leher dan lain-lain, terkadang bisa mendapat kan hasil duplicated perbedaan warna kulit yang mungkin akan jauh berbeda bisa jadi duplicated nya atau cloning nya jadi lebih gelap atau terlalu terang, jadi untuk menghasil kan duplicated warna yang tidak terlalu jauh berbeda untuk menghilang kan bekas bercak jerawat tersebut, ambil atau duplicated contoh pada sekitar area yang terdekat dari bagian yang akan di cloning .

Pilih Clone Stamp Tool

Kemudian atur Mode nya sesuai kan dengan kebutuhan kamu, kamu bisa memilih Normal saja atau pilihan yang lain

Setelah meng click Clone Stamp Tool dan mengatur Mode nya, kemudian tepat kan cursor pada bagian kulit yang tidak jauh dari kulit yang akan kamu cloning ( gambar satu saya akan mengcloning bekas tanda jerawat di bawah bibir saya )

Setelah cursor di tepat kan di bagian pilihan kulit yang baik atau bersih,kemudian click tombol ALT dengan tangan kiri mu dan gunakan tangan kanan mu untuk meng click kiri mouse satu kali saja .


Kemudian lepas tombol ALT dan pindah kan cursor ke pada bagian tepat yang akan kamu cloning dan kamu tinggal meng click dengan mouse kiri mu, dan kamu tinggal mengcloning yang lain nya.

Dan untuk bagian yang lain ( tanda atau jerawat yang ada di sekitar yang lain, ambil contoh cloning yang di sekitar dekat-dekat are kulit yang akan kamu cloning)

Oke...selamat mencoba semoga bermanfaat..